Analisa bisnis online

Analisa bisnis online


       Udah lama ni gak update artikel di blog ini, byasa lagi sibuk dengan kertas dan tugas yang berserakan. nah ini ni sekarang mau ane bagi salah satu tugas ane tentang Analisa Bisnis Online, mudah-mudahan bisa menjadi referensi buat belajar. Cieeahh yang rajin belajar. ok langsung saja simak ya !


Analisa Bisnis Online

I.  Bisnis Lazada.co.id

I.1 Inovasi Produk Lazada
Inovasi yang dilakukan Lazada adalah menjadi partner bagi brand lain dalam memasarkan produknya. Baru-baru ini Lazada telah berkerjasama dengan vendor ponsel Huawei dan Moto G sebagai mitra eksklusif dalam pemasaran smartphone.Smartphone murah dengan spesifikasi tinggi kini merajai pasar Indonesia. Banyaknya ponsel global brand yang dipalsukan membuat konsumen harus berhati-hati dalam memilih smartphone. Jadi, tidak ada salahnya jika konsumen mencoba beralih pada produk lokal yang harganya lebih terjangkau dengan kualitas bersaing, contohnya smartphone Huawei dan Moto G. Selain itu banyak produk kreatif dan inovatif yang dijual seperti AC mini yang terbilang unik.

I.2. Strategi Pemasaran lewat online Lazada
Selain melalui media sosial, strategi lain adalah Affiliate Program atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut dengan program afiliasi atau kemitraan adalah suatu teknik marketing dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui website pemasar. Dalam prakteknya para pemasar mendapatkan link khusus yang sudah diberi tracking (pelacak) sehingga setiap transaksi yang datang dari pemasar akan diketahui oleh system afiliasi penjual. Jika penjualan memenuhi kriteria afiliasi maka pemasar akan mendapatkan komisi sebesar 2,5-6% dari penjualan tersebut. Strategi lainnya adalah dalam hal mengelola website yang tentu erat kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization), dengan menggunakan SEO yang baik, website anda akan menempati posisi tertinggi dalam mesin pencari sehingga memiliki kemungkinan untuk paling banyak dan paling sering dikunjungi.

I.3. Strategi Pengiriman barang Just In time yang diberikan Lazada
Setelah konsumen melakukan pemesanan barang secara online dan pembayaran sudah dilakukan serta sudah dikonfirmasi baik oleh sistem maupun pelanggan, selanjutny proses pengiriman barang akan dilakukan sesuai dengan data order yang masuk ke sistem. Lazada melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia melalui rekan bisnisnya yaitu GED (Garuda Express Delivery) perusahaan yang bergerang di bidang jasa layanan pengiriman udara door to door service. GED memiliki jaringan yang tersebar diseluruh Indonesia, kecepatan dan ketepatan waktu penghantaran, keleluasaan waktu pengambilan, informasi tracing dan tracking pengiriman yang akurat dan cepat.Selain itu lazada juga menggandeng perusahaan jasa pengiriman lokal seperti JNE, TIKI yang sudah sangat dekat di mata masyarkat dan sudah mempunyai cabang hampir di setiap daerah bahkan di setiap kecamatan di Indonesia. Dengan sistem pengiriman yan baik itu, pengiriman akan menjadi efisien dan efektif serta biaya yang dikeluarkan minim.

I.4 Strategi Management Mutu Lazada
       Strategi yang dilakukan lazada adalah hampir semua produk-produk yang dijual sudah telah terjamin kualitasnya dan mempunyai sertifikat mutu. Sperti contohnya produk kipas angin“Sekai HFN 950 High Velocity Fan” yang mempunyai Certified Company: ISO 9001:2008, SNI 04-6292.2.80-2006, NRP 206-027-100781 dengan Kualitas Ekspor Buatan Indonesia.

I.5 Strategi Manajemen SDM Lazada
Lazada merupakan toko online, itulah alasan mengapa mereka merekrut beberapa pemain kawakan di industri internet dan tindakan itu mencerminkan penerapan “Right man on the right job at the right time. Orang-orang itu adalah diantaranya Andri Huzain sebagai sebagai VP Mobile Commerce karena, Lazada melakukan inovasi bisnis dengan berinvestasi pada pengembangan aplikasi perangkat mobile (iOS dan Android) bagi para konsumen mereka. Sebelumnya, Andri menjabat sebagai COO di PlasaMSN, yaitu perusahaan Telkom yang bermitra dengan Microsoft Indonesi juga pernah menjabat sebagi Direktur Commerce & IT di Detik.com. Kedua adalah Suharno Salim (Jimmy) bergabung sebagai SVP of Buying, yang bertanggung jawab untuk industri elektronik. Sebelumnya bekerja di Electronic Solution dan Lotte Mart. Yang ketiga adalah Haryo Suryo Putro  dimana pada Lazada Marketplace, Haryo  bergabung sebagai Head of Key Account Management and Partner Relation Sebelum bergabung dengan Lazada, Haryo adalah COO Groupon Indonesia. Tugas dan tanggung jawab ketiga orang tersebut sangat penting untuk memperluas marketplace Lazada, termasuk pelayanan mobile commerce. Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia, menyambut dengan senang kehadiran ketiga figur kawakan ini.


II.  Hijup.com
II.1. Inovasi Produk Hijup.com
Hijup.com memiliki desain yang berkualitas mempunyai daya tarik karena memiliki 70 brand indonesia, brand terkenal diantaranya Jenahara, Kamiidea, Ria Miranda, Kavi Indonesia dan beberapa butik milik perancang muda indonesia yang lain. Harga Aksesoris ada yang mulai Rp 15ribu untuk baju ada yang sampai Rp.1,3juta. Dan itupun rasanya jika mahal desainnya complicated dan detailnya sangat banyak.

II.2. Strategi Pemasaran lewat online Hijup.com
Menggunakan website yang menarik dan sesuai dengan target pasar, terlihat dari desainnya yang sangat mendadakan bahwa pengguna situs ini adalah wanita dengan mengandung banyak unsur warna pink , kontras yang cukup bersahabat dengan bola mata ditambah lagi pengunjung atau pengguna nyaman dengan informasi yang disajikan menarik perhatian  untuk dilhat. produk yang di foto ditampilkan sangat detail . Kita bisa  melihat di toko online yang lain belum sedetail itu. Hijup menyajikan experience offline ke online sehingga orang benar benar bisa melihat detail produknya seperti apa kemudian ada detail produknya.
 Pemasaran dilakukan dengan menggunakan social media berupa twitter @Hijup, dan fanpage facebook Hijup.com, instragam dan youtube sebagai pemasaran yang dikemas dalam berbagai tata cara langkah langkah menggunakan hijab atau yang dikenal dengan tutorial yang diposting di youtub.

II.3. Strategi Pengiriman barang Just In time Hijup.com
Metode Pembayaran Hijup.com Transfer Bank PayPal Kartu Kredit Mandiri ClickPay Hijup point Pembayaran dilakukan dalam waktu 1x12 jam barang dipesan jika melebihi waktu tersebut maka pemesanan otomatis dibatalkan dan barang akan dikembalikan kedalam sistem. jika melakukan pembayaran melalui bank transfer , diwajibkan melakukan konfirmasi pembayaran melalui website kami dengan menekan tombol “Confirm Payment” setelah perusahaan sudah menerima pembayaran maka akan mengirimkan pesanan keesokan harinya. Dan setelah melakukan konfirmasi pembayaran , perusahaan akan melakukan proses terhadap pesanan dan mengganti status pesanan menjadi “Confirmed” dalam waktu maksimal 2 hari kerja. Untuk Biaya pengiriman ditentukan oleh lokasi dan berat barang yang dibeli. Untuk waktu pengiriman , biasanya waktu pengiriman ditentukan oleh lokasi anda. Perusahaan langsung mengirim dari  Jakarta menggunakan jasa kurir , barang yang akan sampai pun bisa jangka waktu 1-2 hari atau 6hari tergantung alamat yang dituju.

II.4. Strategi Management Mutu
Hijup.com pun tidak sembarangan memilih suplier produk yang akan dijual di Hijup.com, adapun syarat produk yang harus dipenuhi untuk masuk di Hijup.com adalah
1.      Kreatif
Hijup.com sebagai katalisator di Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia. Kretif disini karena untuk menjadi pusat fashion itu harus ada banyak desainer yang membuat desain desain baru bukan sekedar meng-copy . kalau meng-copy jatuhnya terlalu pasif dan sama. Dan itu tidak baik untuk ekosistemnya.bahkan nilai valuenya juga akan berkurang kalau tidak unik.
2.      Kualitas
Utuk menjadi pusat Islamic Fashion di Dunia segi kualitas harus baik karena bersaing dengan brand luar dan bisa menyejajarkan posisi itu dengan adanya kualitas.
3.      Karakter
Brand yang masuk Hijuup.com harus memiliki karakter yang kuat dari brandnya tidak sekedar ikutikutan.

II.5.  Strategi Manajement SDM Hijup.com
          Menurut pendiri selaligus pemilik hijup.com, dalam membangun perusahaa Ajeng memaparkan bahwa terdapat dua landasan yang sangat penting. SDM dan nilai misalnya merekrut karyawan yang baik adalah salah satu hal penting karena untuk dapat  berkembang seorang entrepreneur harus mendelegasikan pekerjaannya. Rekrutlah orang-orang yang ahli, passionate, dan memiliki value yang sama dengan perusahaan.


III.    Mebeljati.com
III.1. Inovasi produk mebeljati.com
Menjual berbagai jenis mebel jepara & furniture jati berkualitas. Produk berbahan baku kayu jati kering sehingga tahan cuaca dan waktu. Mulai dari mebel rumah tangga minimalis, set kamar tidur, kursi tamu minimalis, bed atau tempat tidur, almari minimalis, bufet , meja rias, meja kantor minimalis, kursi teras, mimbar masjid, jam hias, sketsel minimalis, sofa, meja makan,   meja rias, jam hias dan lain lain.
       Mebeljati.com sudah terkenal akan kualitas & modelnya yang selalu update, konstruksi mebel yang kuat, finishing mebel yang halus dan keindahan bentuk mebel jepara sudah melegenda. Semua bisa konsumen dapatkan tanpa anda harus repot keluar rumah.

III.2. Strategi pemasara lewat online pada mebeljati.com
Pemasaran Mebel jati.com dapat dilakukan dengan contact person, sms/telfon, pin bb, email, maupun youtube. Youtube digunakan untuk melihat produk-produk yang di sediakan, alamat kantor/pabrik pembuatan, pengiriman barang
Untuk marketing online kami mempunyai  ( banchsites ) 3 jaringan website utama yaitu :
·         www.mebeljati.com
·         www.mebelukir.com
·         www.minimalisfurnindo.com

III.3. Strategi Pengiriman barang Just In time mebeljati.com
Perusahaan akan menginformasikan prosedur order,  total harga dan biaya kirim kepada pengorder, jika harga   sudah sepakat dan ready  stok ada maka perusahaan minta dana ditransfer ke salah satu rekening yang sudah tersedia, Jika ternyata mebel yang dipesan belum ready / stok habis maka perusahaan minta DP 50 % dari total harga, kekurangannya akan di minta setelah mebel siap dikirim. Proses pengerjaan order maksimum 7– 14 hari untuk satu itemnya, tergantung ketersediaan barangnya. Kemudian barang akan dikirimkan ke tangan konsumen dengan menggunakan jasa expedisi agar proses pengiriman menjadi lebih efisien karena mebeljati.com melayani pemesanan untuk seluruh indonesia.

III.4. Strategi Management Mutu
Semua produk yag dijual pada mebeljati.com adalah produk dengan kualitas bahan baku yang baik, dengan menggunakan bahan baku kayu jati kering sehingga tahan cuaca dan waktu. Untuk menjaga kualitas produk tetap baik hingga sampai ke tangan kondumen, proses pengecekan pun dilakukan sebelum dan bahkan setelah barang dikirimkan, jika ada pada saat pengecekan setelh barang dikirim ditemukan kerusakan maka perusahaan akan mengganti produk dengan yang baru. Klaim  dapat diterima selama sopir pengantar mebel masih dilokasi terima mebel, karena akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Cargo atau JASA EXPEDISI. Jika mebel ada yang lecet ringan, maka akan di kirim bahan warna finishing yang sama lewat  paket  sehingga   mebel yang lecet bisa dikuas / dicolok dengan warna yang kirimkan. Jika ternyata mebel yang diterima rusak berat, perusahaan siap mengganti dengan yang baru. Semua itu bertujuan agar produk yang digunakan konsumen benar-benar berkualitas dan sesuai dengan standar kualitas dari perusahaan.

III.5. Strategi Manajement SDM mebeljati.com
Dengan didukung lebih dari 200 pengrajin mebel di jepara dan sekitarnya  sehingga ketersediaan barang hampir 90% dari jenis barang yang ada pada KATALOK MEBEL BAHARI. Kami selalu berusaha menjaga kepercayaan dari pelanggam, dengan total karyawan 50 orang dan berbagai sumber daya yang kami miliki kami berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam kualitas produk dan pelayanan.


IV.    OnLine Shop “Rhitz Shoes & Bag Collections”
IV.1 Inovasi Produk
Produk yang kami pasarkan adalah semua jenis sepatu dan tas, baik dalam segi jenis, ukuran dan warna. Jenis sepatu seperti sepatu kulit, sport, highheels, sepatu karet, dll.   Keunggulan dari produk yang kami tawarkan adalah : 1. Kami lebih mementingkan kepercayaan dan kepuasan konsumen. 2. Adanya diskon harga  3. Adanya notifikasi persetujuan pembelian pada konsumen. 4. Waktu pengririman disesuaikna dengan pos / tiki yang ada. 5. Pembayaran terdapat dua pilihan yakni dibayar full 100% ataukah dilakukan 75% diawal transaksi pada saat pemesanan dan 25% setelah barang diterima oleh konsumen.
IV.2. Strategi pemasara lewat online
Media promosi yang dilakukan dengan melalui social media seperti facebook, twitter, yahoo, dll. Tidak hanya itu, kami juga melalui community media  seperti kaskus, 9gag, dan sebagainya. Online shop Rhitz shoes n bag collection akan menggunakan CEO sehingga akses google dan rank di internet tetap naik Advertising : periklanan yang kami lakukan dengan sebaik mungkin. Community : melalui komunitas yang sering share baik dalam penjualan barang seperti kaskus.com. Affiliate : memberikan url link website online shop rhitz collection melalui blog, YM, Facebook, Twitter, dll

IV.3. Strategi Pengiriman barang Just In time
Dalam operasi pelaksanaan bisnis tersebut, team tidak dapat melakukan sendiri. Adanya pihak-pihak terkait yang akan membantu berjalannya proses bisnis tersebut. Seperti : jasa tiki (pengiriman barang), tukang antar / pengirim barang dalam satu wilayah, dll. Perusahaan ini akan menyediakan fasilitas pendukung seperti koneksi internet yang dapat online 24 jam juga nomer khusus (hotline) untuk layanan telpon agar konsumen lebih mudah dalam memperoleh informasi.

IV.4. Strategi Management Mutu
               Pengendalian mutu akhir dilakukan dengan cara membongkar beberapa karton/box dan mengambil beberapa pakaian yang sudah di polybag atau dikemas untuk dicek bagian-bagian kualitas mutu produk tersebut. Pengecekan akhir meliputi :
Styling atau penampilan pakaian,
Jahitan dan ukuran, Measurement atau mengukur pakaian, Memberi catatan atau komentar sesuai standar yang ditetapkan (worksheet) pada blangko yang telah disiapkan agar nantinya digunakan sebagai evalusi produk agar produksi selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

 IV.5.  Strategi Management SDM
Ada beberapa strategi dalam pembagian kerja dan mengatur sumber daya manusia yang dimiliki yaitu:
1. Membentuk struktur organisasiyang meliputi  - Ketua Pelaksana : Abdurrachman - Wakil Ketua  : Yazid - Sekretaris   : Roudhotul Jannah - Bendahara   : Anisa Istiqomah 
2. Pembagian tugas kerja - Pembuatan website  : Team - Produk  : Team - Promosi  : Team - Accounting  : Bendahara  - Pengiriman Barang : Tukang antar - Pengelola website : Team



V.  Klik-eat.com
V.1. Inovasi Produk
Klik-Eat adalah website untuk memesan makanan secara online. Di Klik-Eat konsumen bisa memilih dari ratusan restoran dari sekitar dimana konsumen tinggal yang bisa delivery. Lihat menu, harga, foto dan langsung pesan online. Seperti online shopping tapi untuk delivery makanan, kurir akan mengantarkan pesanan makanan konsumen langsung ke rumah kediaaman konsumen tanpa harus keluar rumah.. Selama ini inovasi dari Klik-Eat yaitu mempunyai ratusan pilihan restaurant di sekitar Jakarta yang bisa konsumen pesan untuk delivery. Hebatnya lagi klik-eat.com memberikan banyak cara bagi konsumen untuk bisa memesan makanan diantaranya melalui online, telpon, BBM, Yahoo Messenger, Google Talk, MSN, serta yang terbaru adalah melalui aplikasi android yang langsung bisa diunduh di PlayStore,  sedangkan untuk pengguna iOS juga sudah tersedia di AppStore sehingga dengan inovasi tersebun konsumen akan semakin dimanjakan dengan layanan yang diberikan.

V.2. Strategi Pemasaran lewat Online
Klik-eat.com sangat memanfaatkan media online dalamam hal promosi usaha yang dijalankannya. Dimulai dari disediakanya website khusus untuk memperkenalkan usahanya ke konsumen dimana website yang dibuat sangat simple, menarik dan mudah untuk digunakan. Selain website, sosial media seperti facebook (Klik-Eat), twitter (@klikeat), BBM, Yahoo Messenger dan Google Talk tidak luput dari sasaran pemasaran perusahaan untuk dijadikan sebagai media promosi juga media order dan enggagement dengan konsumen setia.

V.3. Strategi Pengiriman barang Just In time
Layanan food delivery service ini memposisikan diri sebagai pihak ketiga yang memberikan layanan memesan dan mengantarkan makanan ke pihak pemesan. Berbeda dengan layanan food delivery service yang diberikan oleh pihak restoran yang pengantarnya merupakan pegawai restoran itu sendiri. Konsumen bisa mencari makanan kesukaannya yang lokasinya dekat dengan rumah konsumen dan kamu bisa langsung menghubungi Klik-Eat untuk memesankan makanan tersebut dan mengirimkan ke rumah kamu. Maksud dari makanan yang lokasinya terdekat dengan tmpat tinggal konsumen adalah agar makanan yang dikirim tidak cepat dingin dan agar masih tetap hangat sampai ke tangan konsumen, selain itu agar waktu pengiriman menjadi lebih singkat sehingga biaya yang diperlukan minim dan konsumen puas dengan kecepatan dan ketepatan waktu yang diberikan oleh perusahaan.
Dalam pengirimannya perusahaan menggunakan kurir yang menggunakan kendaraan roda dua dengan boxs makanan dibelakangnya tujuannya agar mampu melewati jalanan yang ramai bagkan jika terjadi kemacetan bisa mencari jalan alternatif yang biasanya agak sempit. Bagi restoran yang memakai jasa klik-eat.com untuk pengantaran makanan ke pelanggannya dikenai tarif Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per antaran. Lebih praktis mereka membayar fee daripada mengurus dan menggaji tenaga kurir sendiri, jelas Michael.

V.4. Strategi Management Mutu
Dalam hal menjaga agar mutu layanan yang diberikan perusahaan tetap baik, maka pengendalian mutu harus dilakukan. Strategi yang dilakukan klik-eat.com adalah dengan membuat halaman Feed and Complain pada websitenya. Hal ini berguna untuk menampung semua saran dan masukan serta keluhan dari para konsumen mengenail layanan yang diberikan oleh klik-eat.com. Cara kerjanya sangat mudah yaitu konsumen hanya perlu mengirimkan email ke alamat email yang telah disediakan dan akan langsung terhubung dengan founder perusahaan yaitu Michael Saputra melaui email michael.saputra@klik-eat.com dengan demikian evaluasi akan terus dilakukan guna mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan mutu yang diberikan perusahaan kepada konsumen.


V.5. Strategi Management SDM
Perusahaan mempunyai pembagian kerja dan tugas yang sangat jelas dalam menjalankan usaha dan memberikan layanan bagi konsumennya. Ialah Michael dan dua orang rekannya saat itu, yakni Andrew Pangestan, yang kemudian menjadi Chief Financial Officer (CFO) klik-eat.com dan Willy Haryanto, Chief Technical Officer (CTO) klik-eat.com menjelaskan bahwa saat mengawali usaha klik-eat.com, Michael cuma menggunakan 2 karyawan dan 5 orang kurir, yang beroperasi dari pukul 09.00 s/d 22.00 WIB dalam 2 sif. Kurir yang bekerja di klik-eat.com harus memiliki motor sendiri. Pihak klik-eat.com hanya memberikan seragam kurir dan tas yang tahan air dan tahan panas.


Sumber : http://peluangusaha.kontan.co.id/news/jalan-macet-pesan-antar-dunia-maya-lancar



0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dan saya memperbolehkan menyertakan link hidup ataupun link mati
Terima Kasih atas pesan dan kesannya :)