Analisa bisnis online
Udah lama ni gak update artikel di blog ini, byasa lagi sibuk dengan kertas dan tugas yang berserakan. nah ini ni sekarang mau ane bagi salah satu tugas ane tentang Analisa Bisnis Online, mudah-mudahan bisa menjadi referensi buat belajar. Cieeahh yang rajin belajar. ok langsung saja simak ya !
Analisa
Bisnis Online
I. Bisnis Lazada.co.id
I.1 Inovasi
Produk Lazada
Inovasi yang
dilakukan Lazada adalah menjadi partner bagi brand lain dalam memasarkan
produknya. Baru-baru ini Lazada telah berkerjasama dengan vendor ponsel Huawei
dan Moto G sebagai mitra eksklusif dalam pemasaran smartphone.Smartphone murah
dengan spesifikasi tinggi kini merajai pasar Indonesia. Banyaknya ponsel global
brand yang dipalsukan membuat konsumen harus berhati-hati dalam memilih
smartphone. Jadi, tidak ada salahnya jika konsumen mencoba beralih pada produk
lokal yang harganya lebih terjangkau dengan kualitas bersaing, contohnya
smartphone Huawei dan Moto G. Selain itu banyak produk kreatif dan inovatif
yang dijual seperti AC mini yang terbilang unik.
I.2. Strategi
Pemasaran lewat online Lazada
Selain melalui
media sosial, strategi lain adalah Affiliate Program atau dalam Bahasa
Indonesia biasa disebut dengan program afiliasi atau kemitraan adalah suatu
teknik marketing dimana penjual bekerjasama dengan pemasar melalui website
pemasar. Dalam prakteknya para pemasar mendapatkan link khusus yang sudah
diberi tracking (pelacak) sehingga setiap transaksi yang datang dari pemasar
akan diketahui oleh system afiliasi penjual. Jika penjualan memenuhi kriteria
afiliasi maka pemasar akan mendapatkan komisi sebesar 2,5-6% dari penjualan
tersebut. Strategi lainnya adalah dalam hal mengelola
website yang tentu erat kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization), dengan
menggunakan SEO yang baik, website anda akan menempati posisi tertinggi dalam mesin
pencari sehingga memiliki kemungkinan untuk paling banyak dan paling sering
dikunjungi.
I.3. Strategi
Pengiriman barang Just In time yang diberikan Lazada
I.4
Strategi Management Mutu Lazada
Strategi yang dilakukan lazada adalah
hampir semua produk-produk yang dijual sudah telah terjamin kualitasnya dan
mempunyai sertifikat mutu. Sperti contohnya produk kipas angin“Sekai HFN 950
High Velocity Fan” yang mempunyai Certified Company: ISO 9001:2008, SNI
04-6292.2.80-2006, NRP 206-027-100781 dengan Kualitas Ekspor Buatan Indonesia.
I.5
Strategi Manajemen SDM Lazada
Lazada merupakan toko online, itulah alasan mengapa mereka merekrut beberapa pemain kawakan di
industri internet dan tindakan itu mencerminkan penerapan “Right man on the
right job at the right time. Orang-orang itu adalah diantaranya Andri Huzain
sebagai sebagai VP Mobile Commerce karena, Lazada melakukan inovasi bisnis
dengan berinvestasi pada pengembangan aplikasi perangkat mobile (iOS dan
Android) bagi para konsumen mereka. Sebelumnya, Andri menjabat sebagai COO di
PlasaMSN, yaitu perusahaan Telkom yang bermitra dengan Microsoft Indonesi juga
pernah menjabat sebagi Direktur Commerce & IT di Detik.com. Kedua adalah
Suharno Salim (Jimmy) bergabung sebagai SVP of Buying, yang bertanggung jawab
untuk industri elektronik. Sebelumnya bekerja di Electronic Solution dan Lotte
Mart. Yang ketiga adalah Haryo Suryo Putro dimana
pada Lazada Marketplace, Haryo bergabung sebagai Head of Key Account
Management and Partner Relation Sebelum bergabung dengan Lazada, Haryo
adalah COO Groupon Indonesia. Tugas dan tanggung jawab ketiga orang tersebut
sangat penting untuk memperluas marketplace Lazada, termasuk pelayanan mobile
commerce. Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia, menyambut dengan senang kehadiran
ketiga figur kawakan ini.
II. Hijup.com
II.1.
Inovasi Produk Hijup.com
Hijup.com memiliki desain yang berkualitas mempunyai
daya tarik karena memiliki 70 brand indonesia, brand terkenal diantaranya
Jenahara, Kamiidea, Ria Miranda, Kavi Indonesia dan beberapa butik milik
perancang muda indonesia yang lain. Harga Aksesoris ada yang mulai Rp 15ribu
untuk baju ada yang sampai Rp.1,3juta. Dan itupun rasanya jika mahal desainnya
complicated dan detailnya sangat banyak.
II.2.
Strategi Pemasaran lewat online Hijup.com
Menggunakan website yang menarik dan sesuai dengan
target pasar, terlihat dari desainnya yang sangat mendadakan bahwa pengguna
situs ini adalah wanita dengan mengandung banyak unsur warna pink , kontras
yang cukup bersahabat dengan bola mata ditambah lagi pengunjung atau pengguna
nyaman dengan informasi yang disajikan menarik perhatian untuk dilhat. produk yang di foto ditampilkan
sangat detail . Kita bisa melihat di
toko online yang lain belum sedetail itu. Hijup menyajikan experience offline
ke online sehingga orang benar benar bisa melihat detail produknya seperti apa
kemudian ada detail produknya.
Pemasaran
dilakukan dengan menggunakan social media berupa twitter @Hijup, dan fanpage
facebook Hijup.com, instragam dan youtube sebagai pemasaran yang dikemas dalam
berbagai tata cara langkah langkah menggunakan hijab atau yang dikenal dengan
tutorial yang diposting di youtub.
II.3.
Strategi Pengiriman barang Just In time Hijup.com
Metode
Pembayaran Hijup.com Transfer Bank PayPal Kartu Kredit Mandiri ClickPay Hijup
point Pembayaran dilakukan dalam waktu 1x12 jam barang dipesan jika melebihi
waktu tersebut maka pemesanan otomatis dibatalkan dan barang akan dikembalikan
kedalam sistem. jika melakukan pembayaran melalui bank transfer , diwajibkan
melakukan konfirmasi pembayaran melalui website kami dengan menekan tombol
“Confirm Payment” setelah perusahaan sudah menerima pembayaran maka akan
mengirimkan pesanan keesokan harinya. Dan setelah melakukan konfirmasi
pembayaran , perusahaan akan melakukan proses terhadap pesanan dan mengganti
status pesanan menjadi “Confirmed” dalam waktu maksimal 2 hari kerja. Untuk
Biaya pengiriman ditentukan oleh lokasi dan berat barang yang dibeli. Untuk
waktu pengiriman , biasanya waktu pengiriman ditentukan oleh lokasi anda.
Perusahaan langsung mengirim dari
Jakarta menggunakan jasa kurir , barang yang akan sampai pun bisa jangka
waktu 1-2 hari atau 6hari tergantung alamat yang dituju.
II.4.
Strategi Management Mutu
Hijup.com
pun tidak sembarangan memilih suplier produk yang akan dijual di Hijup.com,
adapun syarat produk yang harus dipenuhi untuk masuk di Hijup.com adalah
1. Kreatif
Hijup.com sebagai katalisator di
Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia. Kretif disini karena untuk menjadi
pusat fashion itu harus ada banyak desainer yang membuat desain desain baru
bukan sekedar meng-copy . kalau meng-copy jatuhnya terlalu pasif dan sama. Dan
itu tidak baik untuk ekosistemnya.bahkan nilai valuenya juga akan berkurang
kalau tidak unik.
2. Kualitas
Utuk menjadi pusat Islamic Fashion
di Dunia segi kualitas harus baik karena bersaing dengan brand luar dan bisa
menyejajarkan posisi itu dengan adanya kualitas.
3. Karakter
Brand yang masuk Hijuup.com harus
memiliki karakter yang kuat dari brandnya tidak sekedar ikutikutan.
II.5. Strategi Manajement SDM Hijup.com
Menurut pendiri selaligus pemilik
hijup.com, dalam membangun perusahaa Ajeng memaparkan bahwa terdapat dua
landasan yang sangat penting. SDM dan nilai misalnya merekrut karyawan yang
baik adalah salah satu hal penting karena untuk dapat berkembang seorang entrepreneur harus
mendelegasikan pekerjaannya. Rekrutlah orang-orang yang ahli, passionate, dan
memiliki value yang sama dengan perusahaan.
III.
Mebeljati.com
III.1.
Inovasi produk mebeljati.com
Menjual berbagai jenis mebel jepara & furniture
jati berkualitas. Produk berbahan baku kayu jati kering sehingga tahan cuaca
dan waktu. Mulai dari mebel rumah tangga minimalis, set kamar tidur, kursi tamu
minimalis, bed atau tempat tidur, almari minimalis, bufet , meja rias, meja
kantor minimalis, kursi teras, mimbar masjid, jam hias, sketsel minimalis,
sofa, meja makan, meja rias, jam hias
dan lain lain.
Mebeljati.com sudah terkenal akan
kualitas & modelnya yang selalu update, konstruksi mebel yang kuat,
finishing mebel yang halus dan keindahan bentuk mebel jepara sudah melegenda.
Semua bisa konsumen dapatkan tanpa anda harus repot keluar rumah.
III.2.
Strategi pemasara lewat online pada mebeljati.com
Pemasaran Mebel jati.com dapat dilakukan dengan
contact person, sms/telfon, pin bb, email, maupun youtube. Youtube digunakan
untuk melihat produk-produk yang di sediakan, alamat kantor/pabrik pembuatan,
pengiriman barang
Untuk
marketing online kami mempunyai (
banchsites ) 3 jaringan website utama yaitu :
· www.mebeljati.com
· www.mebelukir.com
· www.minimalisfurnindo.com
III.3.
Strategi Pengiriman barang Just In time mebeljati.com
Perusahaan akan menginformasikan prosedur
order, total harga dan biaya kirim
kepada pengorder, jika harga sudah
sepakat dan ready stok ada maka
perusahaan minta dana ditransfer ke salah satu rekening yang sudah tersedia,
Jika ternyata mebel yang dipesan belum ready / stok habis maka perusahaan minta
DP 50 % dari total harga, kekurangannya akan di minta setelah mebel siap
dikirim. Proses pengerjaan order maksimum 7– 14 hari untuk satu itemnya,
tergantung ketersediaan barangnya. Kemudian barang akan dikirimkan ke tangan
konsumen dengan menggunakan jasa expedisi agar proses pengiriman menjadi lebih
efisien karena mebeljati.com melayani pemesanan untuk seluruh indonesia.
III.4.
Strategi Management Mutu
Semua produk yag dijual pada mebeljati.com adalah
produk dengan kualitas bahan baku yang baik, dengan menggunakan bahan baku kayu
jati kering sehingga tahan cuaca dan waktu. Untuk menjaga kualitas produk tetap
baik hingga sampai ke tangan kondumen, proses pengecekan pun dilakukan sebelum
dan bahkan setelah barang dikirimkan, jika ada pada saat pengecekan setelh
barang dikirim ditemukan kerusakan maka perusahaan akan mengganti produk dengan
yang baru. Klaim dapat diterima selama
sopir pengantar mebel masih dilokasi terima mebel, karena akan sepenuhnya menjadi
tanggung jawab Cargo atau JASA EXPEDISI. Jika mebel ada yang lecet ringan, maka
akan di kirim bahan warna finishing yang sama lewat paket
sehingga mebel yang lecet bisa
dikuas / dicolok dengan warna yang kirimkan. Jika ternyata mebel yang diterima
rusak berat, perusahaan siap mengganti dengan yang baru. Semua itu bertujuan
agar produk yang digunakan konsumen benar-benar berkualitas dan sesuai dengan
standar kualitas dari perusahaan.
III.5.
Strategi Manajement SDM mebeljati.com
Dengan didukung lebih dari 200 pengrajin mebel di
jepara dan sekitarnya sehingga
ketersediaan barang hampir 90% dari jenis barang yang ada pada KATALOK MEBEL
BAHARI. Kami selalu berusaha menjaga kepercayaan dari pelanggam, dengan total
karyawan 50 orang dan berbagai sumber daya yang kami miliki kami berusaha untuk
memberikan yang terbaik dalam kualitas produk dan pelayanan.
IV.
OnLine
Shop “Rhitz Shoes & Bag Collections”
IV.1
Inovasi Produk
Produk yang kami pasarkan adalah semua jenis sepatu
dan tas, baik dalam segi jenis, ukuran dan warna. Jenis sepatu seperti sepatu
kulit, sport, highheels, sepatu karet, dll.
Keunggulan dari produk yang kami tawarkan adalah : 1. Kami lebih
mementingkan kepercayaan dan kepuasan konsumen. 2. Adanya diskon harga 3. Adanya notifikasi persetujuan pembelian
pada konsumen. 4. Waktu pengririman disesuaikna dengan pos / tiki yang ada. 5.
Pembayaran terdapat dua pilihan yakni dibayar full 100% ataukah dilakukan 75%
diawal transaksi pada saat pemesanan dan 25% setelah barang diterima oleh
konsumen.
IV.2. Strategi pemasara lewat online
Media promosi yang dilakukan dengan melalui social
media seperti facebook, twitter, yahoo, dll. Tidak hanya itu, kami juga melalui
community media seperti kaskus, 9gag,
dan sebagainya. Online shop Rhitz shoes n bag collection akan menggunakan CEO
sehingga akses google dan rank di internet tetap naik Advertising : periklanan
yang kami lakukan dengan sebaik mungkin. Community : melalui komunitas yang
sering share baik dalam penjualan barang seperti kaskus.com. Affiliate :
memberikan url link website online shop rhitz collection melalui blog, YM,
Facebook, Twitter, dll
IV.3. Strategi Pengiriman barang Just In
time
Dalam operasi pelaksanaan bisnis tersebut, team
tidak dapat melakukan sendiri. Adanya pihak-pihak terkait yang akan membantu
berjalannya proses bisnis tersebut. Seperti : jasa tiki (pengiriman barang),
tukang antar / pengirim barang dalam satu wilayah, dll. Perusahaan ini akan
menyediakan fasilitas pendukung seperti koneksi internet yang dapat online 24
jam juga nomer khusus (hotline) untuk layanan telpon agar konsumen lebih mudah
dalam memperoleh informasi.
IV.4. Strategi Management Mutu
Pengendalian mutu akhir dilakukan dengan cara
membongkar beberapa karton/box dan mengambil beberapa pakaian yang sudah di
polybag atau dikemas untuk dicek bagian-bagian kualitas mutu produk tersebut.
Pengecekan akhir meliputi :
Styling atau penampilan pakaian, Jahitan dan ukuran, Measurement atau mengukur pakaian, Memberi catatan atau komentar sesuai standar yang ditetapkan (worksheet) pada blangko yang telah disiapkan agar nantinya digunakan sebagai evalusi produk agar produksi selanjutnya menjadi lebih baik lagi.
Styling atau penampilan pakaian, Jahitan dan ukuran, Measurement atau mengukur pakaian, Memberi catatan atau komentar sesuai standar yang ditetapkan (worksheet) pada blangko yang telah disiapkan agar nantinya digunakan sebagai evalusi produk agar produksi selanjutnya menjadi lebih baik lagi.
IV.5. Strategi Management SDM
Ada
beberapa strategi dalam pembagian kerja dan mengatur sumber daya manusia yang
dimiliki yaitu:
1. Membentuk struktur organisasiyang meliputi - Ketua Pelaksana : Abdurrachman - Wakil Ketua : Yazid - Sekretaris : Roudhotul Jannah - Bendahara : Anisa Istiqomah
2. Pembagian tugas kerja - Pembuatan website : Team - Produk : Team - Promosi : Team - Accounting : Bendahara
- Pengiriman Barang : Tukang antar - Pengelola website : Team
V. Klik-eat.com
V.1.
Inovasi Produk
Klik-Eat adalah website untuk memesan makanan secara
online. Di Klik-Eat konsumen bisa memilih dari ratusan restoran dari sekitar dimana
konsumen tinggal yang bisa delivery. Lihat menu, harga, foto dan langsung pesan
online. Seperti online shopping tapi untuk delivery makanan, kurir akan mengantarkan
pesanan makanan konsumen langsung ke rumah kediaaman konsumen tanpa harus
keluar rumah.. Selama ini inovasi dari Klik-Eat yaitu mempunyai ratusan pilihan
restaurant di sekitar Jakarta yang bisa konsumen pesan untuk delivery. Hebatnya
lagi klik-eat.com memberikan banyak cara bagi konsumen untuk bisa memesan
makanan diantaranya melalui online, telpon, BBM, Yahoo Messenger, Google Talk,
MSN, serta yang terbaru adalah melalui aplikasi android yang langsung bisa
diunduh di PlayStore, sedangkan untuk pengguna
iOS juga sudah tersedia di AppStore sehingga dengan inovasi tersebun konsumen
akan semakin dimanjakan dengan layanan yang diberikan.
V.2. Strategi Pemasaran lewat Online
Klik-eat.com sangat memanfaatkan media online
dalamam hal promosi usaha yang dijalankannya. Dimulai dari disediakanya website
khusus untuk memperkenalkan usahanya ke konsumen dimana website yang dibuat
sangat simple, menarik dan mudah untuk digunakan. Selain website, sosial media
seperti facebook (Klik-Eat), twitter (@klikeat), BBM, Yahoo Messenger dan Google
Talk tidak luput dari sasaran pemasaran perusahaan untuk dijadikan sebagai
media promosi juga media order dan
enggagement dengan konsumen setia.
V.3.
Strategi Pengiriman barang Just In time
Layanan food delivery service ini memposisikan diri
sebagai pihak ketiga yang memberikan layanan memesan dan mengantarkan makanan
ke pihak pemesan. Berbeda dengan layanan food delivery service yang diberikan
oleh pihak restoran yang pengantarnya merupakan pegawai restoran itu sendiri.
Konsumen bisa mencari makanan kesukaannya yang lokasinya dekat dengan rumah konsumen
dan kamu bisa langsung menghubungi Klik-Eat untuk memesankan makanan tersebut
dan mengirimkan ke rumah kamu. Maksud dari makanan yang lokasinya terdekat
dengan tmpat tinggal konsumen adalah agar makanan yang dikirim tidak cepat
dingin dan agar masih tetap hangat sampai ke tangan konsumen, selain itu agar
waktu pengiriman menjadi lebih singkat sehingga biaya yang diperlukan minim dan
konsumen puas dengan kecepatan dan ketepatan waktu yang diberikan oleh
perusahaan.
Dalam pengirimannya perusahaan menggunakan kurir
yang menggunakan kendaraan roda dua dengan boxs makanan dibelakangnya tujuannya
agar mampu melewati jalanan yang ramai bagkan jika terjadi kemacetan bisa
mencari jalan alternatif yang biasanya agak sempit. Bagi restoran yang memakai
jasa klik-eat.com untuk pengantaran makanan ke pelanggannya dikenai tarif Rp
35.000 hingga Rp 40.000 per antaran. Lebih praktis mereka membayar fee daripada
mengurus dan menggaji tenaga kurir sendiri, jelas Michael.
V.4.
Strategi Management Mutu
Dalam hal menjaga agar mutu layanan yang diberikan
perusahaan tetap baik, maka pengendalian mutu harus dilakukan. Strategi yang
dilakukan klik-eat.com adalah dengan membuat halaman Feed and Complain pada websitenya. Hal ini berguna untuk menampung
semua saran dan masukan serta keluhan dari para konsumen mengenail layanan yang
diberikan oleh klik-eat.com. Cara kerjanya sangat mudah yaitu konsumen hanya
perlu mengirimkan email ke alamat email yang telah disediakan dan akan langsung
terhubung dengan founder perusahaan yaitu Michael Saputra melaui email michael.saputra@klik-eat.com dengan
demikian evaluasi akan terus dilakukan guna mempertahankan dan meningkatkan
kualitas layanan mutu yang diberikan perusahaan kepada konsumen.
V.5.
Strategi Management SDM
Perusahaan mempunyai pembagian kerja dan tugas yang
sangat jelas dalam menjalankan usaha dan memberikan layanan bagi konsumennya.
Ialah Michael dan dua orang rekannya saat itu, yakni Andrew Pangestan, yang
kemudian menjadi Chief Financial Officer (CFO) klik-eat.com dan Willy Haryanto,
Chief Technical Officer (CTO) klik-eat.com menjelaskan bahwa saat mengawali
usaha klik-eat.com, Michael cuma menggunakan 2 karyawan dan 5 orang kurir, yang
beroperasi dari pukul 09.00 s/d 22.00 WIB dalam 2 sif. Kurir yang bekerja di
klik-eat.com harus memiliki motor sendiri. Pihak klik-eat.com hanya memberikan
seragam kurir dan tas yang tahan air dan tahan panas.
Sumber : http://peluangusaha.kontan.co.id/news/jalan-macet-pesan-antar-dunia-maya-lancar
0 comments:
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dan saya memperbolehkan menyertakan link hidup ataupun link mati
Terima Kasih atas pesan dan kesannya :)